Saturday 29 August 2015

Panduan Dasar Untuk Memahami Vibrasi Mesin

Salam Teknik Mesin

Dalam sehari-hari kita merasakan vibrasi atau lebih dikenal getaran, tapi tahukah kita mengapa ada Vibrasi dan apa akibat dari Vibrasi itu??  Disebut industri yang menggunakan mesin sebagai alat untuk memproduksi suatu produk tentu mengalami kerugian yang diakibatkan dari Vibrasi tersebut.

LIHAT HANDBOOK TEKNIK MESIN DISINI

Jika kita bergelut dalam dunia teknik tentu mengenal yang namanya benda berputar atau sering disebut Rotating Equipment. Setiap Rotating Equipment akan selalu mengalami Vibrasi namun dalam batas normal jika mesin bekerja dengan baik, namun sebaliknya jika terjadi abnormal pada proses kerja mesin maka hal ini akan berdampak dengan naiknya nilai Vibrasi.


Besar kecilnya getaran pada mesin menentukan besar kecilnya permasalahan yang ada pada mesin tersebut, atau dengan kata lain besar nilai getaran merupakan besarnya permasalahan.

Indikasi terjadinya abnormal atau komponen yang akan atau telah rusak dari suatu mesin dapat dianalisa dari pola yang terbentuk akibat vibrasi tersebut. Dengan demikian kita dapat melakukan perbaikan yang lebih cepat dan tepat.

Dapatkan hal-hal lainnya yang ada dalam ebook ini.

0 comments: