Saturday 17 October 2015

Diagram Moody

Menghitung Faktor Gesekan Menggunakan Diagram Moody


Lebih lengkap dibahas dalam ebook kami, Lihat disini

Sejak fluida mengalir di dalam pipa maka akan mengalami kerugian tekanan (Head) yang disebabkan oleh beberapa factor antara lain  : Gesekan (pengaruh dari kekasaran permukaan pada sisi dalam pipa, diameter pipa dan sifat fisik fluida).



Menghitung faktor gesekan, f  untuk fluida ideal inkompresibel aliran stedi 1 dimensi memenuhi persamaan Bernoulli dapat menggunakan Diagram Moody. 

Angka Reynold (Re) adalah suatu hal yang diperlukan untuk dapat membandingkan aliran fluida pada kondisi kecepatan, kekentalan, densitas, dan ukuran laluan yang berbeda. Telah terbukti bahwa tahanan terhadap aliran fluida, atau terhadap benda yang bergerak didalam fluida, adalah fungsi dari perbandingan yang tanpa dimensi yang dikenal sebagai Angka Reynold, Re


Untuk Aliran Laminer Re < 2000

Terjadi jika aliran lancar, sehingga lapisan fluida yang saling berdekatan mengalir dengan lancar. Setiap partkel fluida mengikuti sebuah lintasan lurus yang tidak saling menyilang.

LIHAT HANDBOOK TEKNIK MESIN DISINI

f    Diagram Moody Untuk Aliran Turbulen Re < 3000

Di atas kecepatan tertentu, yang tergantung pada sejumlah faktor, aliran akan bergolak. Aliran ini dicirikan oleh ketidaktentuan, kecil, melingkar-lingkar seperti pusaran air yang disebut sebagai arus eddy atau kisaran.

Kekasaran dari permukaan pada sisi dalam pipa mempengaruhi nilai kerugian setiap aliran, Kekasaran pipa (e) terdapat dalam tabel kekasaran pipa berdasarkan bahan pipa.

Jika diketahui : 

Lebih lengkap dibahas dalam ebook kami, Lihat disini





Lebih mudah menghitung harga f, menggunakan Program Aplikasi Disini

Maka kerugian head karena gesekan, h


0 comments: