Pages - Menu

Belajar Mudah Dengan Ebook

Tuesday 20 October 2015

Pemeriksaan Pompa

Metode Pemeriksaan Pompa

Fungsi dan Kerja Pompa 
Pompa adalah suatu  alat yang digunakan untuk memindahkan suatu fluida dari suatu tempat ke tempat lain dengan cara menaikkan tekanan cairan tersebut.

Kenaikan tekanan cairan tersebut digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan pengaliran. Hambatan-hambatan pengaliran itu dapat berupa perbedaan tekanan, perbedaan ketinggian atau hambatan gesek.

Klasifikasi Pompa Secara umum pompa dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian yaitu pompa kerja positif (positive displacement pump) dan pompa kerja dinamis (non positive displacement pump). Salah satu jenis pompa Kerja Dinamis adalah pompa sentrifugal yang prinsip kerjanya mengubah energi kinetis (kecepatan) cairan menjadi energi potensial (dinamis) melalui suatu impeller yang berputar dalam casing.
Buat yang ingin Handbook Teknik Mesin Disini


Pemeriksaan Sebelum Start Up

Pemeriksaan Selama "First Run"

Pemeriksaan Setelah "First Run"

Daily Pump Checking Point

Pemeriksaan Harian

Pemeriksaan 3 Bulanan

Buat yang ingin Handbook Teknik Mesin Disini

Pemeriksaan Tahunan

Lubrikasi
1. Schedule Lubrikasi

2. Lubrikasi grease
Volume pengisian grease dan interval penambahan grease tergantung dengan ukuran bearing dan putaran motor (rpm).

3.  Lubrikasi Oli
Pada berbagai kondisi operasi, temperatur bearing antara 49ºC - 82ºC (120ºF – 180ºF). Type oli yang sesuai untuk temperatur tersebut adalah oli ISO viscosity grade 68 pada 38ºC (100ºF). Jika temperatur lebih dari 82ºC (180ºF), merujuk ke tabel berikut ini:
Level Oli
Level oli yang direkomendasikan yaitu oli diisi sampai posisi ditengah-tengah sight glass. Apabila oli berkurang karena disebabkan oleh sesuatu, maka penambahannya pun dilakukan hingga level oli berada di tengah-tengah sight glass.
4.  Interval penggantian oli
Penggantian oli pertama setelah instalasi pompa baru dilakukan setelah 100 jam operasi. Untuk penggantian oli selanjutnya harus berdasarkan hasil Oil Analysis dari tim MM, apakah oli masih layak atau harus diganti.
Sebagai acuan, standar penggantian oli berdasarkan temperatur permukaan housing bearing adalah sebagai berikut:

Buat yang ingin Handbook Teknik Mesin Disini


Sekian dan terimakasih
Mohon like and share jika bermanfaat.

2 comments:

  1. Makasih artikelnya, jadi menambah wawasan baru nih, kami merupakan supplier gearbox motor termurah dan terbaik di Tangerang.

    ReplyDelete
  2. Makasih ya infonya, kami jual gearbox transtecno di kota Tangerang dengan harga yang murah

    ReplyDelete

Mohon komentar dengan baik